BMKG: Hujan di Tangerang Masih Masuk Kategori Rendah-Menengah

Liputan6.com, Jakarta Meski hujan sudah turun beberapa hari terakhir, berdasar hasil pemantauan dan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di Stasiun Geofisika Kelas 1 Tangerang, ternyata intensitasnya belum masuk ke kategori tinggi.

Pejabat Madya Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) BMKG, Maria Evi Trianasari, menuturkan curah hujan secara umum yang terjadi di Kota Tangerang masih dalam kriteria rendah hingga menengah. Pada intensitas rendah, curah hujan masih berada di kisaran 0-50 mm, sedang di intensitas menengah pada kisaran 150-200 mm.

Hal ini menunjukkan, Kota Tangerang belum memasuki musim penghujan secara penuh atau bisa dikategorikan dalam masa transisi.

“Prakiraan awal musim penghujan di Kota Tangerang saat ini masih dalam kategori hujan ringan, artinya masih akan didominasi cuaca yang kering dengan satu atau dua kali hujan saja dalam sebulan,” ungkap Maria.

Berdasarkan pemantauan, musim penghujan dipastikan akan datang pada November Dasarian II untuk Kota Tangerang bagian selatan dan Desember Dasarian III untuk Kota Tangerang bagian utara.

Dia juga mengatakan, berdasarkan prediksi yang dilakukan dalam satu pekan ke depan, cuaca di Kota Tangerang secara umum akan didominasi cerah berawan. Namun, juga berpotensi hujan ringan-sedang di berbagai wilayah tertentu.

Waspada

Meski begitu, BMKG juga terus mengimbau masyarakat Kota Tangerang untuk dapat melakukan langkah-langkah antisipasi dalam menyambut kedatangan musim penghujan ini, terutama di beberapa wilayah yang dinilai rawan banjir.

“Untuk langkah antisipasi yang bisa dilakukan secara bersama-sama, seperti memastikan infrastruktur untuk mengamankan daya serap air, terutama untuk daerah-daerah yang mempunyai topografi rendah dan berada di bentaran sungai,” kata Maria.

Selain itu, BMKG juga mengimbau kepada masyarakat Kota Tangerang untuk lebih aktif dalam mencari informasi yang kredibel mengenai perkembangan perubahan cuaca dan iklim, salah satunya melalui situs resmi BMKG Kota Tangerang, yakni di Instagram/@staegof_tng dan http://stageof.tangerang.bmkg. og.id atau di laman resmi BMKG Pusat di bmkg.id.

Baca Juga  Peringatan PVMBG: Waspadai Potensi Banjir Bandang Susulan dari Gunung Marapi

 

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *